Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jaringan Komputer dan Komponennya



Di dalam Jenis Jaringan Komputer dapat dipecah berbagai jenis, yaitu menurut luas jangkauan atau luas tempat dimana jaringan tersebut berada. Secara umum, dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu Local Area Network ( LAN ), Metropolitan Area Network ( MAN ), dan Wide Area Network ( WAN ).

Nah untuk memperjelas apa itu LAN, MAN, dan WAN Kita akan bahas satu persatu ya
  • Local Area Network ( LAN )
LAN merupakan jaringan yang dibatasi oleh area yang sedikit/relatif sempit, biasanya LAN akan digunakan ditempat-tempat yang cakupannya masih satu gedung atau di satu ruangan seperti kantor, perputakaan, sekolah, dan lain-lain.

  • Metropolitas Area Network ( MAN )

Sebuah jaringan MAN, biasanya dapat digunakan area yang lebih besar dari LAN, contohnya biasanya digunakan antar Kota Madya / dapat juga antar Provinsi. Dalam hal ini, jaringan MAN menghubungkan beberapa network kecil ke ruang lingkup area yang cukup luas. Contohnya menghubungkan network Provinsi DKI Jakarta dengan Provinsi Jawa Timur.
  • Wide Area Network ( WAN )
Sebuah network WAN biasanya cakupannya menggunakan alat yaitu satelit, wireless, atau fiber optik. WAN juga memiliki jangkauan lebih luas hingga wilayah otoritas negara tetangga / beda benua. 

Nah diatas merupakan jenis dan penjelasan dari Jenis Jaringan, sekarang Kita masuk bagian,

Komponen Jaringan

- Kabel
kabel utp
kabel utp
Pada jaringan kabel dibagi berbagai jenis, sesuai kemampuan dan spesifikasinya yang mempunyai ciri yang berbeda beda. Disini Kita akan membahas beberapa tipe kabel pada komponen jaringan.

- Ethernet Card
LAN Card
LAN Card
Biasa disebut juga dengan LANCard, berfungsi sebagai penghubung antara komputer dan jaringan/network. Di LANCard ada beberapa jenis port koneksi yang bisa user gunakan. Jika didesain untuk kabel coaxial itu menggunakan konektor BNC ( Barrel Nut Connector ) atau biasanya disebut juga Bayonet Net Connector ). Nah jika untuk kabel twisted pair maka konektor yang dipakai adalah RJ-45.

- Hub dan Switch
switch
switch
Perangkat untuk menyatukan kabel-kabel network dari setiap workstation, server, atau perangkat lain. Biasanya dipakai pada topologi star , Hub dan Switch umumnya mempunyai port untuk RJ-45 sebagai tempat menghubungkan komputer.

- Repeater
repeater
repeater
Biasa disebut juga penguat sinyal, nah repeater ini memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen kabel lalu memancarkannya kembali sinyal tersebut dengan keluatan / kekuatan yang sama dengan sinyal yang ditangkap oleh si repeater ini, sehingga bisa memperpanjang jangkauan antar kabel.

- Bridge
bridge wireless
bridge wireless
Nah untuk bridge ini sama dengan repeater, bedanya bridge mampu menghubungkan antar network yang menggunakan transmisi berbeda. Misalnya network ethernet baseband dengan ethernet broadband
Bridge juga dapat berfungsi sebagai penghubung jaringan yang menggunakan tipe kabel yang berbeda atau topologi yang beda dan bridge juga dapat mengetahui alamat IP setiap komputer pada tiap network.

- Router
router
router
Perangkat ini merupakan yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung menggunakan packet switching. Nah router bekerja dengan cara melihat alamat asal dan alamat IP tujuan dari packet yang melewati router tersebut. Router juga memutuskan rute yang akan dilewati packet tersebut untuk ke alamat IP tujuan.

16 komentar untuk "Jenis Jaringan Komputer dan Komponennya"

  1. Sangat membantu pengetahuan tentang Komponen-Komponen ini gan,makasih info nya

    BalasHapus
  2. buta banget masalah beginian, taunya konek wifi ke HP doang. Di kantor kalo internet bermasalah tinggal panggil bagian IT, jadi gak paham, musti belajar dari mana biar paham yah :)

    BalasHapus
  3. Rumit dan banyak bagiannya ternyata ya mas, BTW mksh artikelnya udah menambah pengetahuan kami tentang komputer .

    Silvi

    BalasHapus
  4. Perbedaan router os dengan router board apa ya ? Soalnya kadang lihat di forum ada yg ngmngin kedua itu

    BalasHapus
  5. Nice info gan. Terakhir kali membaca materi ini pas masih SMP.

    BalasHapus
  6. Infonya menarik Gan , terus berkarya sehingga dunia terang dengan ilmu

    Acuk

    BalasHapus
  7. Wah, baru tau penjelasannya kayak gitu ternyata.. Selama ini cuma sering denger istilah-istilahnya aja hahah. Terima kasih banyak infonya! Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Pelajaran tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi waktu SMA nih. mengulang kembali. Nice gan!

    BalasHapus
  9. Penjelasan nya sangat detail sekali. Mudah di mengerti. Semangat lagi...!!

    BalasHapus
  10. Wehh,. Mantap penjelasan materi jarkom nya . Bermanfaat terimakasih

    BalasHapus
  11. Wah ilmu baru nih, penjelasannya sudah jelas. Terima kasih gan.

    BalasHapus
  12. Saya tahunya hanya LAN saja gan. Baru tahu ada yang lain tergantung jangkauannya. Terimakasih infonya gan

    BalasHapus
  13. Saya hobi ngenet tuh di kampus, apalagi ngenet di lab komputer mantap jiwa dah rasanya. Kalo di lab masuk kategori LAN yah rasanya hehe

    BalasHapus
  14. jadi ingat masa-masa smk yang sungguh indah dan tak terlupakan :)

    BalasHapus
  15. Wah, ini ilmu tentang IT. Saya menyerah sangat kalau soal urusan komputer begini, dari dulu mending memilih untuk menyerahkan pada ahlinya saja. Keren tulisannya, kakak

    BalasHapus
  16. saya buta banget kalo masalah beginian hehehe...

    artikelnya sangat membantu bagi seorang yang masih awam terhadap komponen2 komputer seperti saya
    makasih

    BalasHapus

Berlangganan via Email